TYPES OF FLOW METER

TYPES OF FLOW TRANSMITTER

Flow meter menjadi penting untuk memantau arus cairan secara akurat di pembangkit listrik, kilang, dan pabrik pengolahan air. Pemantauan Flow aliran proses yang tepat diperlukan agar keseluruhan sistem beroperasi dengan cara yang efisien.

Ada beberapa model dan model flow meter yang tersedia untuk memberikan pengukuran Flow yang tepat dan berulang. Jenis flow meter yang umum digunakan dicantumkan dan dijelaskan secara singkat.

Berikut ini disebutkan lima tipe utama Flow Meter.




DIFFERENTIAL FLOW TRANSMITTER - Industri Refinery(kilang) dan minyak dan gas sangat bergantung pada Differential Flow Transmitter untuk aplikasi pengukuran aliran cairnya. Seperti banyak peralatan flow transmitter lainnya, unit ini juga mengandung elemen primer dan sekunder. Tujuan elemen utamanya adalah mendapatkan perbedaan tekanan akibat restriction yang ada pada elemen utama. Elemen sekunder di unit mengukur perbedaan tekanan ini, dan mengkonversikan sebagai Flow aliran proses dan besaran Flow proses di tampilkan pada monitor. Ada beberapa jenis dari elemen utama yaitu:  orifices, venturi tubes, flow tubes, flow nozzles, elbow-tap meters, target meters, and variable-area meters. Pengguna aplikasi harus memilih jenis yang tepat setelah menganalisis ukuran pipa, kondisi aliran, dan sifat cairan.





POSITIF DISPLACEMENT FLOW TRANSMITTER - Jenis flow meter ini menawarkan layanan yang sangat baik untuk mengukur aliran cairan kental. Ini dirancang dengan sangat baik untuk secara langsung mengukur Flow cairan. Peralatan ini sangat ideal untuk mengukur aliran petrokimia, perekat, dan cat. Beberapa kelebihan yang terkait dengan unit ini meliputi: akurasi tinggi, penurunan tekanan rendah, self-contained operation, biaya operasi rendah, dan umur pemakaian yang panjang. Positif Displacement Flow Transmitter ini sebagian besar digunakan untuk aplikasi mengukur Flow di industri kimia, pembangkit, farmasi, dan industri pengolahan makanan. Ada beberapa jenis Positif Displacement Transmitter yang tersedia untuk aplikasi spesifik industri. Ini termasuk, reciprocating piston, oval gear, nutating disk, and rotary vane meters.




VELOCITY FLOW METER - Jenis flow meter ini sebagian besar diperoleh untuk aplikasi pembangkit tenaga listrik, pengolahan air limbah, industri kimia dan kilang (Refinery). Mereka dapat langsung terhubung ke jaringan pipa untuk beroperasi secara linier berkenaan dengan Flow rate. Beberapa keuntungan dari unit-unit ini meliputi: fixed pressure loss pada semua Flow Rate, akurasi yangsangat bagus saat digunakan dengan cairan kental rendah, operasi yang dapat diandalkan pada berbagai tekanan dan suhu. Velocity Meter tersedia dalam berbagai jenis termasuk, turbine and paddle wheel, ultrasonic, electromagnetic, vortex-shedding, and Doppler ultra-sonic flow meters.




MASS FLOW METER Jika tingkat presisi yang di inginkan maka MASS FLOW METER adalah yang tepat untuk di gunakan. Tidak seperti Differential Flow Meter, yang mengukur aliran volumetrik, unit ini mengukur laju massa Flow dalam pipa. Flow Meter ini sebagian besar digunakan untuk mengukur cairan yang viskositasnya bervariasi dengan kecepatan. Beberapa keuntungan dari sistem ini meliputi: operasi yang dapat diandalkan pada berbagai tekanan dan suhu, dan akurasi yang sangat tinggi. Flow Meter tersedia dalam dua tipe, yaitu coriolis dan thermal-type mass flow meters.




OPEN CHANNEL METER - Sesuai namanya, jenis ini ideal untuk mengukur aliran cairan di saluran terbuka. Unit-unit ini memungkinkan pemantauan Flow yang terus-menerus dan presisi di terowongan, pipa, kanal, sungai, dan sungai yang sebagian terisi penuh. Beberapa keuntungan yang terkait dengan unit ini meliputi, sistem modular serbaguna, akurasi yang tak tertandingi, desain yang mudah dipasang.



Comments

  1. Saya boleh request artikel tentang gimana cara instalasi flow meter enggak ya? Kebetulan saya lagi ada masalah teknis dan nyari2 sumbernya di internet belum nemu hehehe

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Postingan yang sangat menarik gan.
    Mohon Ijin copy sebagai pembelajaran di bidang flow meter instrument.
    Kami juga menjual produk produk flow meter dengan pilihan Brand, Type terlengkap. Bisa cek di website kami Tradia Penta

    Thanks for posting the useful information

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

POSITIONER CONTROL VALVE

I/P BASIC PRINCIPLE

CONTROL VALVE