CAPACITANCE LEVEL TRANSMITTER

CAPACITANCE LEVEL TRANSMITTER


Jenis Level Transmitter ini diambil dari namanya, yaitu prinsip kerjanya dari Capasitor.
Capasitor bekerja dengan menyimpan energi antara dua elektroda yang terisolasi satu sama lain. Media dielektrik (non-konduktif) ditempatkan di antara dua elektroda untuk membantu menyimpan muatan listrik. Dengan lebih banyak media dielektrik datang kemampuan untuk menyimpan lebih banyak energi.

Capacitance Level Transmitter menggunakan cairan yang tersimpan dalam tangki atau wadah lainnya sebagai media dielektrik antara dua elektroda atau lebih. Bila ada lebih banyak cairan, kapasitas energi rangkaian kapasitor meningkat. Bila ada sedikit cairan, kapasitas energinya akan berkurang. 

Dengan mengukur perubahan nilai kapasitansi rangkaian yang dibuat oleh elektroda dan cairan di antara keduanya, Capacitance Level Transmitter dapat memperkirakan tingkat pengisian Bejana Atau Kontainer yang ada.

Namun, untuk memastikan keakuratan, penting untuk mengkalibrasi sensor dengan mengujinya dengan wadah pada kapasitas maksimum dan pada kapasitas nol sebelum mulai penggunaan dalam suatu proses. Selain itu, nilai konstanta dielektrik dari cairan yang diukur harus sesuai bila tidak pengukuran tidak akan akurat.



#Belajar Instrument #Instrumentasi #Capacitance Level Transmitter #Type Level Transmitter

Comments

Popular posts from this blog

POSITIONER CONTROL VALVE

I/P BASIC PRINCIPLE

CONTROL VALVE