RESISTANCE TEMPERATURE DETECTORS (RTD)

RESISTANCE TEMPERATURE DETECTORS (RTD).




Tipe lain dari sensor suhu adalah Resistance Temperature Detector atau RTD. RTD adalah sensor suhu presisi yang terbuat dari logam dengan kemurnian tinggi seperti platina, tembaga atau nikel yang dilumuri ke dalam koil dan resistansi listriknya berubah sebagai fungsi suhu, serupa dengan thermistor. Juga tersedia film tipis RTD's. Perangkat ini memiliki lapisan tipis pasta platina yang diendapkan ke substrat keramik putih.

Detektor suhu yang resistif memiliki koefisien temperatur positif (PTC) namun tidak seperti thermistor, keluarannya sangat linier menghasilkan pengukuran temperatur yang sangat akurat.

Namun, mereka memiliki sensitivitas panas yang sangat buruk, yaitu perubahan suhu hanya menghasilkan perubahan output yang sangat kecil misalnya, 1Ω / oC.

Jenis RTD yang lebih umum dibuat dari platinum dan disebut Platinum Resistance Thermometer atau PRT's dengan yang paling umum tersedia dari mereka semua sensor Pt100, yang memiliki nilai resistansi standar 100Ω pada 0 Deg C. Kelemahannya adalah Platinum itu mahal dan salah satu kelemahan utama dari jenis perangkat ini adalah biayanya.

Seperti termistor, RTD adalah perangkat resistif pasif dan dengan melewatkan arus konstan melalui sensor suhu, dimungkinkan untuk mendapatkan tegangan keluaran yang meningkat secara linear dengan suhu. RTD khas memiliki resistansi dasar sekitar 100Ω pada suhu 0C, meningkat menjadi sekitar 140 ° pada suhu 100C dengan rentang suhu operasi antara -200 sampai + 600oC.


Karena RTD adalah perangkat resistif, kita perlu melewati arus melalui mereka dan memantau voltase yang dihasilkan. Namun, setiap variasi ketahanan karena panas dari kabel resistif saat arus mengalir melewatinya, I2R, (Hukum Ohms) menyebabkan kesalahan dalam pembacaan. Untuk menghindari hal ini, RTD biasanya dihubungkan ke jaringan Jembatan Whetstone yang memiliki kabel penghubung tambahan untuk kompensasi timah dan / atau koneksi ke sumber arus konstan.

Klik RTD Details

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

POSITIONER CONTROL VALVE

I/P BASIC PRINCIPLE

CONTROL VALVE