DP FLOW THEORY (FORMULA)

DP FLOW THEORY

Teoritikal DP flow berdasarkan dari 2 persamaan yaitu: Persamaan Bernoulli’s dan Persamaan Continuity. Persamaan Bernoulli’s mengatakan bahwa penjumlahan Pressure Energy (P), Kinetic energy ½ ρv² dan energy potensial (ρgh) di dalam pipa akan sama di semua luas penampang.


P + ½ ρv²  + ρgh = P + ½ ρv² + ρgh

Persamaan Continuity menyatakan bahwa mass flow yang melewati cross section di dalam pipa akan sama. Dengan mengasumsikan density yang konstan, persamaan continuity dapat di tulis : AV = AV penyingkatan algebra dengan step berikut:
1.    Cancel potensial energy di dalam persamaan berboulli dengan asumsi pipanya sejajar (level)
2.    Penjabaran v in term v di persamaan continuity
3.    Pengabungan v in term v dan sederhanakan
4.    Pemecahan velocity pada v



Ini adalah persamaan velocity di transmitter. Kebanyakan orang tidak menginginkan pengukuran flow rate dalam bentuk kecepatan. Persamaan Volumetric Flow (Qᵥ) dapat di peroleh dengan mengalikan luas penampang.



Jika Mass Flow (Qm) yang di perlukan di banding volumetric flow, maka kedua sisi di kalikan dengan flow density.

Untuk mengetahui DP flow yang mengalir terlebih dahulu penting mengetahui teorinya. Kita semua tahu bahwa flow rates adalah proporsional dengan DP Square root, tapi apakah DP benar benar terukur? DP sebenarnya mengukur energy kinetic ½ ρv²Jika energy kinetic dan density di ketahui pemecahan velocity.


Hubungan ini mempunyai dua keuntungan yang melekat. Uncompensated mass atau pengukuran volume, DP flowmeter  mempunyai kesensitifan ½ dari perubahan density pada velocity flowmeter. Yang kedua, error dalam pengukuran DP hanya mempengaruhi ½ dari banyaknya error dalam pengukuran flowrate. Jadi 0.5% error dalam pengukuran DP akan menyebabkan0.25% error dalam pengukuran flow.

Comments

Popular posts from this blog

POSITIONER CONTROL VALVE

I/P BASIC PRINCIPLE

CONTROL VALVE